google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tips Menjaga kesehatan rambut

tips menjaga kesehatan rambutRambut yang merupakan mahkota kita, bila mahkota tersebut tidak dijaga dengan baik tentunya ia tidak akan indah dan bagus, dalam merawat rambut banyak hal yang harus kita perhatikan supaya rambut kita dapat tumbuh dengan subur tidak mudah rontok dan bercabang. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan rambut, adalah sebagai berikut :
  1. Shampoo
      Kurangi pemakaian shampoo secara berlebih-lebihan, dengan busa yang terlalu banyak, karena busa yang banyak mengandung pH 7 sampai dengan 8 ini tentunya akan merusak asam alamiah kulit kepala. Dengan tidak seimbangnya pH dapat merusak pertumbuhan rambut yang sehat, dan dapat menyebabkan rambut rontok, usahakan untuk mengganti shampoo dengan formula rendah busa, sekitar pH 5,5 atau yang sesuai dengan jenis rambut anda
  2. Gunakan Conditioner
      Conditioner berfungsi untuk melawan sifat rambut yang alkalis, selain itu conditioner juga dapat memberi minyak pada rambut, sehingga membuat rambut lebih bercahaya, walau kita ketahui rambut juga mamproduksi minyak sendiri, namun untuk rambut yang panjang minyak tidak mampu mencapai rambut yang ujung, dan inilah salah satu guna conditioner memberi minyak buatan kepada rambut.
  3. Memijat kulit kepala
      Usahakan untuk sering memijat kulit kepala, ini dapat membantu memperlancar peredaran darah untuk menuju kepembuluh kapiler untuk mengantarkan makan bagi akar-akar rambut, saat menyampo rambut, untuk menundukkan kepala sambil memijat-mijat kulit kepala, cara tersebut mampu membantu otak untuk mendapatkan asupan oksigen lebih baik.
  4. Minum suplement
      Dianjurkan untuk anda meminum suplement terutama yang mengandung vitamin B6 dan Zinc, apalagi buak anda yang kurang mendapatkan vitamin tersebut dari makanan. Vitamin B6 dan Zinc mampu mengatur produksi sebum, minyak pelumas folikel rambut, sehingga mampu menghasilikan batang rambut yang kuat dan sehat
  5. Mengatur minuman
      Kurangi untuk mengkonsi minuman bersoda dan kopi, usahakan untuk menganti minuman yang kaya akan vitamin B seperti jus pisang, mangga strobery dan buah kiwi, sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga bagus untuk dikonsumsi karena mampu mengatasi kerontokan rambut.
  6. Zat Kimia
      Kurangi untuk mengunakan zat kimia, seperti diribonding, catok, dan diikat maupun dikeringkan mengunakan hair dryer tindakkan tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi stres dan mudah patah.
  7. Stres
      Stres mampu membuat rambut rontok, usahakan untuk cukup tidur agar tubuh cukup istirahat, hindari alcohol dan rokok, serta diet yang terlalu ketat dan tidak seimbang, hal tersebut mampu membuat asupan protein akan mengurangi nutrisi untuk pertumbuhan rambut.
    Merapikan rambut
      Usahakan untuk menjaga kerapian rambut secara rutin, rambut yang terjagi kerapiannya tidak akan mudah kusut, serta memotongnya bagian ujung secara rutin atau dengan menganti model untuk menjaga rambut dari rambut bercabang.
  8. Gunakan sisir yang tepat
      Untuk menghindari rambut rontoh, memilih sisir yang tepat untuk menyisir rambut adalah salah satu alternatif yang dapat kita ambil, usahakan untuk menyisir rambut tidak dalam keadaan basah, karena tindakan tersebut dapat menyebabkan rambut bercabang.
Cara menjaga kesehatan rambut tentunya tidak akan terasa berat bila kita menjalankannya dengan rutin dan dilakukan dengan serius, walau bagai manapun rambut harus kita jagai kesehatannya, dengan melakukan tips menjaga kesehatan rambut kita. Bukankan memiliki rambut yang indah dan terawat dengan rapi menjadi idaman untuk setiap orang