google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kriteria Pemimpin yang baik

Khalifah atau pemimpin merupakan sesuatu tindakan yang sangat mulia, karena kesejahteraan masyarakan sangat bergantung dari pemimpinnya, bila pemimpinnya baik, saat tidak menutup kemungkinan orang yang dipimpinnya juga akan baik begitu juga sebaliknya. Sehingga bagi rakyat biasa diusahakan untuk memilih pemimpin dengan baik, supaya tidak salah pilih yang bisa berakibat fatal bagi kesejahteraannya. berikut ini adalah beberapa kreteria seorang pemimpin yang baik :
  1. Taat kepada Allah swt dan Rasul-Nya, yaitu calon pemimpin yang kita pilih mampu melaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya mengerti tentang hukum syari'at dengan baik dan benar.
  2. Berakhlak Mulia, Seorang pemimpin yang kita pilih mendaknya bersikap adil dan jujur, serta bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang telah dibebankan kepadanya.
  3. Memiliki kecerdasaan akal, pikiran dan pengetahuan yang luas, baik pengetahuan tentang agama maupun pengetahuan tentang umum, sosial, ekonomi dan lain sebagainya.
  4. Teguh pendirian, pemimpin yang kita pilih haruslah mempunyai pendirian yang teguh tidak mudah tergoyahkan oleh kemewahan atau problematika yang terjadi, teguh pendirian untuk menjalankan roda pemerintahan, membangun Negara dan kehidupan rakyatnya serta agama.
  5. Benar-benar pilihan rakyat. Seorang pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang dipilih langsung oleh rakyatnya, namun demikian dipilih dengan arti yang sebenarnya, bukan dipilih karena embel-embel materi yang diterimanya (suap) karena bila pemimpin yang kita pilih berani memberikan materi pada saat mereka belum dipilih maka tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan berusa mengembalikan materi yang telah diberikannya pada saat ia telah menjadi pemimpin.
Pemimpin yang baik merupakan idaman kita semua, memilih seorang pemimpin yang baik sesuai dengan harapan kita semua tentunyalah tidak mudah, mudah-mudahan dengan adanya gambaran pemimpin yang baik kita menjadi lebih mengerti tentang kreteria pemimpin yang baik.