google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

membuat pupuk alami dari sabut kelapa

Membuat pupuk alami dari sabut kelapa

membuat pupuk alami title=Ketemu lagi dengan serba serbi yang selalu berbagi untuk sahabat semua, membuat pupuk alami dari sabut kelapa ini judul serba serbi share kali ini, mungkin sahabat semua sudah sering mendengar tentang yang namanya sabut kelapa, sebuah bungkus yang menutupi buah kelapa atau kerambil ini, ternyata mempunyai nilai tambah yang bernilai ekonomi selain dapat digunanakan sebagi bahan sapu ijuk
Sabut kelapa atau dikenal dengan sebutan sepet (bahasa jawa) ini, ternyata dapat kita olah menjadi bahan dasar pupuk alami, yang tentunya sangat aman bagi kesehatan kita dan juga bagi tumbuh-tumbuhan alasannya sangat sederhana, namun hasilnya tidak sederhana karena bahan yang digunakan adalah bahan yang masih alami, tampa adanya bahan kimia berbahaya didalamnya.
Mungkin selama ini kita sering menjumpai sabut kelapa yang berserakan dikebun dari pada berserakan alangkah lebih baik jika kita manfaatkan. misalnya dibuat sapu. selain dibuat untuk sapu ijuk. Manfaat lain selain dibuat sapu adalah sabut kelapa sebagai pupuk alami.
Dari pada muter muter nggak jelas langsung aja kita mulai.cara membuat pupuk alami dari sabut kelapa, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Membuat pupuk alami dari sabut kelapa

  1. Siapkan sabut kelapa sebagai bahan dasar. untuk jumlahnya tergantung dari kebutuhan kita,
  2. Sabut kelapa tersebut dimasukkan kedalam tempayan atau tempat penampungan yang lainnya.
  3. Tempayan yang sudah kita isi dengan sabut kita isi dengan air hingga terenggelam.
  4. Biarkan rendaman sabut kelapa itu selama kurang lebih 18 hari atau sampai airnya berubah warna menjadi agak kecoklat-coklatan.
  5. Setelah proses diatas selesai maka proses pembuatan pupuk alami telah selesai dan siap digunakan. Dan untuk penggunaannya dengan cara disiramkan ketanaman dengan perbandingan 3:1. 3 liter air sabut dan 1 liter air murni biasa.
Demikianlah share serba serbi tentang membuat pupuk alami dari sabut kelapa, sangat mudahkan? cara membuatnya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Membuat pupuk alami dari sabut kelapa